Rabu, 28 Oktober 2009

SEMANGAT SUMPAH PEMUDA

Tanggal 28 Oktober adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Delapan puluh satu tahun yang lalu, tepatnya 28 Oktober 1928 para pemuda Indonesia mengikrarkan sebuah sumpah yang dikenal dengan 'SUMPAH PEMUDA'. Berbangsa satu bangsa Indonesia, bertanah air satu tanah air Indonesia, dan berbahasa satu bahasa Indonesia. Gema ikrar tersebut terus berkumandang diseluruh relung-relung jiwa para pemuda Indonesia. Namun, benarkah ikrar tersebut sekarang ini masih tetap menggema di seluruh pemuda Indonesia??? Realita di masyarakat menunjukkan bahwa semangat persatuan yang dibangun melalui Sumpah Pemuda tampaknya mulai terkikis.
Bukalah mata kita lebar-lebar! Setiap hari terpampang berita baik cetak maupun elektronik para pemuda Indonesia tak lagi menunjukkan semangat persatuan. Para mahasiswa asyik tawuran dengan mahasiswa lain. Tidak kalah seru siswa-siswa SMA juga bertarung habis-habisan dengan siswa SMA lain. Demonstrasi para mahasiswa berakhir ricuh dengan bentrokan. Dunia olah raga juga selalu memunculkan serentetan perkelahian baik antar penonton maupun pemain.
Mana jiwa persatuan antarpemuda??
Sekarang tampaknya perlu gerakan nyata dari kaum cendekia, dosen, guru, dan penggerak kepemudaan untuk kembali menyatukan semangat sumpah Pemuda. Membangun kembali persatuan diantara sesama untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang maju dan disegani negara lain. Korbankan terus Semangat Sumpah Pemuda dengan aplikasi pada kegiatan sehari-hari!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar